Teknologi

Jenis Cloud Computing yang Sebaiknya Diketahui

Apa itu layanan cloud computing? Apa saja jenis atau mode yang berbeda, dan bagaimana Anda memilihnya agar sesuai dengan keinginan organisasi Anda? Yuk cek info lengkapnya di sini.

 

Cloud computing menjadi teknologi andalan perusahaan belakangan ini, yang telah berkembang menjadi virtual yang lebih besar setelah pandemi.

 

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan cloud computing untuk perusahaan, yang sebenarnya harus lebih gesit dalam teknologi yang dinamis dan agresif ini.

 

Ya, cloud computing membuat perusahaan bisnis Anda lebih gesit – mudah untuk berevolusi dan digabungkan dengan beragam teknologi IT yang mungkin sudah ada di organisasi Anda, dan membuka habitat yang ramah untuk inovasi.

 

Cloud computing tidak selalu sulit untuk berkembang ke organisasi Anda karena fakta penyebaran tidak memakan waktu.

 

Kemampuan cloud computing juga akan fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 

Pertanyaannya sekarang, apa saja model-model dalam cloud computing yang dapat Anda pilih?

1. Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS)

Infrastruktur sebagai layanan (IaaS) adalah bentuk penyedia cloud computing yang menawarkan komputasi, penyimpanan, dan sumber daya komunitas sesuai permintaan, dengan basis bayar sesuai penggunaan.

2. Platform sebagai Layanan (PaaS)

Platform as a carrier (PaaS) adalah keseluruhan peningkatan dan platform penerapan di dalam cloud.

 

Dengan sumber daya yang memungkinkan Anda memberikan semuanya, mulai dari program sederhana berbasis cloud hingga aplikasi agensi berkemampuan cloud yang lebih rumit.

3. Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS)

Perangkat lunak sebagai penyedia (atau SaaS) adalah cara menyampaikan program melalui Internet sebagai layanan.

 

Dalam kegunaan cloud computing itu sendiri, ada tiga bentuk mode yang umumnya digunakan oleh banyak organisasi, antara lain: Fully cloud, hybrid, dan on-premise. Apa perbedaannya?

 

Dalam metode cloud computing sepenuhnya, utilitas berbasis cloud sepenuhnya digunakan di dalam cloud dan semua komponen utilitas berjalan di cloud. Dalam penerapan hybrid, koneksi dihubungkan di antara infrastruktur dan paket antara aset berbasis cloud dan aset saat ini yang tidak ditempatkan di dalam cloud.

 

Seiring berjalannya waktu, cloud computing semakin terkenal dan terdapat berbagai bentuk layanan cloud computing.

 

Anda bisa mempercayakan cloud service provider indonesia kepada Telkom DWS yang mampu menyediakan layanan cloud sesuai kebutuhan perusahaan.