bisnis dan usaha

internet windows 10 lemot

Ada beberapa faktor penyebab laptop lemot saat internetan, berikut beberapa di antaranya: Terlalu banyak plug-ins atau add-ons yang terpasang dan membuat browser jadi terbebani serta memperlambat kinerjanya. Membuka banyak tab di browser juga bisa memicu laptop lemot karena menguras cukup banyak RAM.Berikut adalah beberapa cara mengatasi internet lemot di Windows 10 sehingga kalian dapat menikmati kembali internet dengan cepat.

 

Cara Mengatasi Internet Lemot Di Windows 10

  1. Restart Komputer

Restart berfungsi seperti tombol ajaib untuk memperbaiki masalah umum, apa pun OS atau perangkat yang kalian gunakan. Terkadang, bug dapat menyebabkan masalah seperti itu, dan restart memperbaikinya secara otomatis tanpa memakan banyak waktu. Oleh karena itu, sebelum menuju ke beberapa panduan yang lebih kompleks, lebih baik restart komputer kalian jika kalian belum melakukannya.

  1. Restart Router Wi-Fi

Jika kalian menggunakan koneksi Ethernet langsung yang berasal dari ISP kalian, kalian tidak perlu melalui solusi ini. Namun, kebanyakan dari kita menggunakan router Wi-Fi untuk menghubungkan banyak perangkat. Jika kalian melakukan hal yang sama, lebih baik restart router kalian. Terkadang, framework router mungkin macet, dan akibatnya, kalian mendapatkan koneksi internet yang relatif lambat di sistem operasi Windows kalian.

  1. Periksa Status Ping

Ping adalah utilitas baris perintah yang memungkinkan pengguna mengetahui apakah komputer mereka mendapat respons dari ISP. Kalian dapat melakukan ping ke berbagai server DNS untuk mengetahui apakah ada paket yang hilang atau tidak. Untuk itu, ketik cmd di Windows search bar lalu klik pilihan terbaik, kemudian ketik perintah berikut: ping 8.8.8.8 -t dan tekan tombol Enter.

Jika itu menunjukkan respons berkelanjutan dengan waktu ping, tekan tombol Ctrl + C untuk menemukan persentase kehilangan paket. Jika ada paket yang hilang, disarankan untuk mencatatnya dan menyebutkannya saat menelepon layanan pelanggan atau ISP. Juga, tanyakan pada ISP apakah sedang terjadi maintenance.