Jasa

Cara Memilih Supplier Alibaba untuk Bisnis di Indonesia

Tugas utama sebelum kita mulai berjualan produk yang dibuat oleh para pemasok Alibaba adalah memilih supplier itu sendiri.

Tidak semua supplier mampu memberikan harga dan produk yang sesuai dengan spesifikasi kita. Bahkan beberapa diantaranya tidak berniat untuk melakukan bisnis jangka panjang sehingga menawarkan pelayanan dan produk secara ngasal.

Tapi sebagian besar vendornya memiliki sifatan yang sama, yakni siap bekerja sama dengan kita dalam jangka panjang sehingga mereka selalu sedia saat dihubungi dan melakukan negosiasi harga.

Tapi tetap saja, ada tips cara belanja di Alibaba yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum akhirnya membeli produk dalam jumlah besar.

Hindari Menggunakan Email Utama

Banyak diantara kita yang melakukan kesalahan fatal dengan mendaftarkan diri di Alibaba menggunakan email utama.

Alhasil, mereka akan diserbu oleh banyak sekali supplier yang nyepam dengan menawarkan berbagai macam produk melalui email tanpa henti.

Untuk alasan inilah, gunakan email khusus saat kamu ingin berbelanja di Alibaba. Dengan begitu, penawaran yang tiada henti tak akan mengganggu email-email penting yang masuk di email utama.

Setiap orang pasti memiliki impian yang sama, yaitu produknya bisa laris manis tanjung timpul. Namun seperti halnya para marketer di tempat kita, ada banyak diantaranya yang melakukan penawaran tanpa memperlihatkan etika, hingga akhirnya nyepam di sana-sini dan jatuhnya menjadi sangat mengganggu.

Perhatikan Supplier Secara Spesifik

Tugas kamu yang kedua adalah dengan memfilter beberapa supplier yang tak sesuai dengan spesifikasi serta tingkat kebutuhan kamu.

Sekalipun vendor A dan vendor B menawarkan produk sama, bukan berarti mereka menawarkan harga serupa serta service yang memuaskan.

Selalu sesuaikan pertanyaan dan permintaan pada kategori produk yang telah disediakan. Semuanya harus serba jelas dimulai dari jenis produk, bahan, ukuran, warna, harga, berat, dan lain sebagainya.

Kategori produk ini juga akan menentukan berapa banyak pajak yang harus kamu bayarkan, karena setiap barang memiliki nilai PPN, PPh, dan Bea masuk yang berbeda.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan lakukan konsultasi dengan jasa forwarder agar kamu bisa menskalakan bisnis serta modal kamu demi menjadi seorang dropshipper yang sukses.