Teknologi

Apa Itu Fire Blanket

Sekalipun menjadi salah satu kit keselamatan terpenting dan berpengaruh dalam mencegah bencana kebakaran mematikan, sayangnya masih banyak orang Indonesia yang asing saat mendengar istilah selimut api atau fire blanket.

Dengan begitu sudah menjadi tugas kita untuk memperkenalkannya kepada orang terdekat karena menurut ahli keselamatan dunia, fire blanket haruslah disediakan di dalam rumah terutama berdekatan dengan dapur.

Buat kamu yang belum ngeh mengenai produk keselataman khusus yang satu ini, selimut api atau fire blanket merupakan bagian dari perlengkapan pemadam kebakaran yang dirancang untuk memadamkan api kecil sebelum menjadi membesar atau memakan korban jiwa.

Selimut ini terbuat dari lembaran yang terbuat dari wol dan kain serat kaca tenunan khusus yang diolah bersama bahan kimia tahan api.

Dari Asbes ke Serat Kaca

Beberapa model yang lebih lama terbuat dari asbes. Dikarenakan menimbulkan resiko pada kesehatan kita secara signifikan, maka material tersebut dihentikan produksinya.

Sebagai gantinya, fire blanket di zaman sekarang menggunakan material serat kaca yang lebih ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan asap saat terbakar atau terpanaskan oleh kobaran api.

Selimut api yang lebih kecil berukuran antara 1 hingga 1,8 meter lebih lazim digunakan sebagai bagian dari peralatan keselamatan rumah tangga.

Sementara yang lebih besar seperti fire blanket roll digunakan di laboratorium atau pabrik karena membutuhkan kuantiti yang lebih banyak.

Cara menggunakannya juga cukup mudah jika dibandingkan dengan varian fire retardant products yang lainnya.

Cukup dengan menutupi sumber api tersebut dengan fire blanket selama beberapa menit (disarankan antara 15 hingga 30 menit), maka api bisa mati dengan sendirinya.

Ini karena kobaran api akan kehilangan salah satu syaratnya untuk tetap bertahan dan menyala, yaitu oksigen.

Dengan kata lain, selimut api ini mampu mencekik gas O2 sehingga api tak mampu mendapakat pasokannya dari udara di sekitar.

Alhasil, api pun tak akan mampu melanjutkan proses kimianya tersebut secara sempurna.

Tak heran jika api pun akan padam secara sempurna dan efisien setelah beberapa menit selimut api menutupi objek yang tengah terbakar.

Tak perlu khawatir pula selimut api tersebut ikut terbakar, karena beberapa fire blanket memang didesain agar tahan api dan dapat menahan suhu hingga 500 derajat celcius.