Kesehatan

3 Cara Mengatasi Stunting Untuk Anak Bagi Orangtua

Cara mengatasi stunting sebenarnya bukan masalah yang sulit karena merupakan kesepakatan antara keluarga sebagai pondasi masyarakat terkecil. Namun, yang perlu  dijadikan kesamaan persepsi adalah proses  ini memerlukan kesabaran. Sebab tidak akan terlihat hasilnya dalam jangka waktu yang pendek.

Cara Mengatasi Stunting Bagi Orangtua

Cara mengatasi stunting  memerlukan komitmen yang kuat antara kedua orang tua serta kemauan untuk berproses bersama Si Buah Hati. Sebab banyak orang tua yang menyangkal bahwa si kecil menderita stunting dan membutuhkan pertolongan segera. Inilah yang membuat terhambatnya pertolongan bagi penderita.

Pasalnya banyak beredar di masyarakat bahwa tinggi badan seorang anak  dipengaruhi oleh genetika orang tua. Selain itu pula kadang anak yang memiliki tinggi badan dibawah rata-rata mempunyai berat yang ideal. Hal itulah yang membuat orangtua kemudian melakukan penyangkalan.

Menjadwalkan Pemeriksaan Rutin

Langkah pertama untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan penjadwalan rutin untuk mengecek kondisi kesehatan seorang anak. Orang tua dapat mengunjungi dokter anak agar dapat diukur kondisi ideal tinggi badan serta berat badan sesuai dengan usianya.

Jika ditemukan masalah, tentu saja dari seorang profesional orangtua akan dapatkan saran bagaimana cara mengatasinya sesegera mungkin. Jika diperlukan tentu tindakan medis akan menjadi salah satu jalan keluarnya.

Mengunjungi Posyandu

Jika mengunjungi seorang dokter menjadi suatu beban ekonomi, maka pilihan terbaik adalah mendatangi kegiatan Posyandu. Biasanya  diadakan setiap bulan oleh Puskesmas yang bertanggung jawab pada wilayah tersebut.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Puskesmas pada umumnya adalah penimbangan berat badan serta pengukuran tinggi badan. Selanjutnya adalah dicocokkan pada sebuah kartu keterangan kesehatan seorang anak.

Dari situ orang tua dapat melihat apakah kondisi kesehatan sang buah hati sesuai dengan standar ideal atau tidak.  Orang tua juga dapat melihat apakah tinggi badan anak berada pada a pengukuran ideal atau malahan jauh di bawahnya.  jika diketahui sejak dini maka langkah terbaik adalah mengunjungi seorang dokter anak.

Memberikan Asupan Bergizi Seimbang

Langkah selanjutnya adalah memberikan asupan bergizi seimbang sesuai dengan kebutuhan harian pada anak yang mengalami masalah tersebut. Sebaiknya mengikuti saran profesional dari seorang dokter anak atau ahli gizi. Sebab selain untuk mengatasi keadaan nutrisinya saat ini, juga untuk mengejar ketertinggalannya.

Berilah asupan gizi yang lengkap dan mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral serta serat yang jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Semuanya dapat diperoleh dengan memanfaatkan sumber bahan baku alamiah pangan berupa buah-buahan dan sayur-sayuran beraneka macam warna.

Cara mengatasi stunting terbaik adalah melakukan pencegahan sejak dini.  Sejak dari sebuah keluarga memutuskan ingin memiliki anak. Sehingga diperlukan usaha agar nutrisi calon ibu terpenuhi secara optimal. Dengan begitu,  janin akan tumbuh secara optimal sampai 1000 hari masa perkembangannya.